Gazebo bambu selalu menambahkan nilai atraktif dan keindahan untuk setiap rumah atau tempat apapun yang gayanya berbeda.

Hal baik lainnya adalah bambu tidak terlalu membutuhkan banyak perawatan, dan mudah dirawat untuk mendapatkan kenyamanan bertahun-tahun. Meskipun begitu alangkah baiknya Anda tetap melakukan perawatan dari waktu ke waktu.

Salah satu penyebab rusaknya furniture yang berada di luar ruangan adalah cuaca. Entah itu kayu ataupun bambu, pasti hancur jika terus menerus dihantam oleh air hujan atau sinar matahari.

Air dan kelembapan mendorong pembusukan dan jamur. Sementara panas membuat lapisan, finishing, atau bahan menjadi pecah.

Untuk mengurangi risiko tersebut, bambu perlu beberapa perawatan dasar untuk menjaga warna, keindahan, dan daya tahannya.

Berikut beberapa tips merawatnya

Ketahui kenapa gazebo merupakan salah satu alternatif terbaik sebagai fasilitas outdoor Anda disini.

Tips Perawatan Bambu

  • Minimalisir Endapan Air

Furniture luar ruangan sudah kodratnya terkena air hujan. Untuk mengurangi risiko timbulnya jamur dan pelapukan, usahakan menyeka bambu agar tetap kering setelah hujan reda.

Tips. Cari gazebo bambu yang atapnya lebar menutupi seluruh bodi gazebo

  • Minyak Furniture

Untuk menjaga warna bambu tetap indah dan berkilau, Anda bisa mengoleskan sedikit minyak polish jeruk setiap bulan atau dua bulan.

  • Hindari Permukaan Tanah

Jika Anda memiliki furniture bambu luar ruangan, usahakan jangan ditaruh langsung bersentuhan dengan tanah.

  • Kebersihan

Selalu bersihkan bambu Anda dari kotoran di seluruh bagian permukaan dudukan.

  • Basmi Jamur

Jamur dapat tumbuh pada kayu atau bambu. Tapi, hal ini mudah dibersihkan dengan air sabun. Gunakan pembersih kain atau sikat bulu bekas untuk menghilangkan tanda-tanda pertumbuhan jamur. Pastikan untuk benar-benar mengeringkan area tersebut untuk menghindari lebih banyak jamur / pertumbuhan jamur di masa mendatang.

  • Retak

Jika bambu mengalami keretakan secara alami atau karena efek cuaca, perbaiki dengan cara meng-amplas halus permukaan yang pecah. Kemudian oleskan lilin untuk menutupi lubang dan memperbaiki tampilan.

  • Refinishing

Jika lapisan finishing bambu sudah pudar atau luntur. Dan Anda masih sayang dengan furniture bambu tersebut, Anda dapat mengecet ulang dengan cara meng-amplas permukaan yang terlihat pudar, kemudian mengoleskan lagi finishing vernish atau jenis pewarna apapun sesuai keinginan Anda.

Tips
Jika melihat sesuatu yang bisa diperbaiki pada furniture bambu Anda, jangan menundanya, segera perbaiki hal tersebut. Hal ini akan membuat furniture bambu Anda selalu indah dan Anda tidak akan pernah menjumpai masalah besar untuk menyempurnakannya.

Write A Comment