Pengawetan Bambu Dengan Metode Alam

Semua gazebo terlihat indah ketika Anda pertama kali membeli yang baru. Tetapi bahan yang dibuat dari pengrajin/pabrikan akan memainkan peran kunci dalam keindahan gazebo selama bertahun-tahun dan daya tahan serta kenyamanan.

Gazebo adalah fasilitas luar ruangan, yang dimana berarti selama panas, dingin, salju, angin dan hujan harus mampu menahan semua efek dari cuaca.

Begitu pula dengan serangga. Predator yang melumpuhkan struktur bambu dengan cara memakan zat gula pada batang bambu.

Pada kondisi terburuk, pengunakan bambu sebagai konstruksi gazebo tanpa perawatan hanya dapat bertahan selama 2-4 tahun.

Pemeliharaan, perbaikan dan perlindungan dari efek cuaca sangat penting. Dan tidak lupa juga betapa pentingnya kualitas pabrikan sebagaimananya.

Eh…

Ternyata ribet juga ya?! Tapi …

..ayolah material apa yang tidak membutuhkan perawatan?!

Beberapa upaya pengawetan bambu kami dalam meningkatkan durabilitas produk gazebo bambu kami.

Seleksi Saat Panen

Untuk penggunaan konstruksi, kami memilih bambu dewasa yang berusia antara 3-5 tahun.

Bambu sedikit menyusut ketika kering, kadar pati dan gula menjadi rendah sehingga kemungkinan diserangan serangga lebih sedikit.

 

Seleksi panen
Seleksi panen

Perlu diketahui bahwa pada tahun-tahun pertamanya, bambu penuh dengan pati, sehingga bambu dapat dimakan. Itulah kenapa beruang panda, gajah, manusia dan serangga suka memakannya.

Selama bertahun-tahun kadar gula menurun dan kadar serat meningkat. Jadi ditahun antara 3-5 bambu cocok dijadikan sebagai konstruksi bangunan.

Oleh karena itu pilihan bambu yang tepat adalah yang terpenting untuk kualitas konstruksi.

Menggunakan Metode Alami 

Kami menggunakan metode alami dengan cara merendam bambu menggunakan air laut.

Kadar garam pada air laut meningkatkan ketahanan bambu dari serangan organisme perusak terutama terhadap jamur pewarna dan jamur pelapuk.

pengawetan bambu
pengawetan bambu

Kami melakukan perendaman selama 1.5-2 bulan di dalam bak penampungan. Lalu kami biarkan selama 2 minggu untuk proses pengeringan.

Kami rutin memonitor saat proses perendaman dan merubah posisi bambu agar proses perendaman bisa rata dan mencapai hasil yang maksimal.

Untuk membuat gazebo bambu lebih awet, Anda dapat melakukan perawatan berkala secara rutin.

Untuk mengetahui hal apa saja yang perlu dilakukan saat perawatan berjalan, Anda dapat melihat halaman perawatan gazebo bambu kami.

Open chat